Candi Morangan Di Jogja / Yogyakarta

Candi Morangan di Jogja / Yogyakarta - Candi Banyunibo yang merupakan Candi Buddha, Candi Morangan yakni sebuah Candi Hindu yang terletak di dusun Morangan, kel. Sindumartani, kec. Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Jawa, Indonesia dan berada sangat akrab dengan Kali Gendol sekitar 100 meter ara sebelah barat dan mendekati Gunung Merapi.

Diperkirakan, Candi Morangan pertama kali dibangun antara kala ke-9 hingga ke-10 pada masa Kerajaan Mataram Kuno, satu jaman dengan pembuatan candi-candi Hindu lainnya, menyerupai Candi Prambanan. Candi ini ditemukan pada tahun 1982,dengan kondisi terpendam 6,5 meter di bawah tanah.

Candi Morangan mempunyai aneka macam relief yang terpahat pada batang kaki ataupun badan candi, terletak di antara perbingkaian atas dan perbingkaian bawah. Satu hal yang membedakan Candi Morangan dengan candi yang lain yakni adanya satu panel relief yang diperkirakan bab dari dongeng Tantri Kamandaka.
 Candi Morangan yakni sebuah Candi Hindu yang terletak di dusun Morangan Candi Morangan di Jogja / Yogyakarta
Yoni Candi Morangan
Foto Oleh : tarabuwana

Relief tersebut menceritakan perihal seekor harimau yang tertipu seekor kambing. Hal ini cukup membuatnya istimewa alasannya yakni relief ini kebanyakan hanya ditemukan pada candi yang berlatarkan belakang agama Buddha. Candi perwara yang menghadap ke timur, berdenah bujur kandang mempunyai ukuran 4 x 4. Sekarang bangunan yang sanggup dijumpai merupakan bab badan dan kaki candi.

Sumber : id.wikipedia.org

Hotel Murah di Jogja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Candi Morangan Di Jogja / Yogyakarta"

Posting Komentar