Museum Pos Indonesia - Jl. Cisanggarung Bandung

Museum Pos Indonesia - Jl. Cisanggarung Bandung - yoshiewafa - Museum Pos Indonesia yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia ini sudah bangun semenjak masa Hindia Belanda dengan nama PTT (Pos Telegraf dan Telepon). Pada tahun 1931 sudah dibuka Museum PTT yang berada dibagian sayap kanan bawah, Gedung Kantor Pusat PTT di jalan Cilaki no. 55 (kalau kini no. 73) Bandung. Koleksi yang dimiliki Museum PTT ini terdiri dari banyak sekali macam jenis prangko-prangko yang berasal dari banyak sekali penjuru negara.

Karena terjadinya pergolakan revolusi dan perang pada masa kemerdekaan, keberadaan Museum PTT ini tidak mendapat perhatian sebagaimana mestinya, bahkan sudah nyaris terlupakan.

Kemudian pada tanggal 27 september 1983 waktu yang bersamaan dengan hari bakti postel ke - 38 museum ini dibuka untuk umum secara resmi oleh Menparpostel waktu itu, Bpk Achmad Tahir yang kemudian diberi nama Museum Pos dan Giro.

 ini sudah bangun semenjak masa Hindia Belanda dengan nama PTT  Museum Pos Indonesia - Jl. Cisanggarung Bandung
Koleksi yang terdapat di museum ini mencakup prangko - prangko yang berasal dari banyak sekali negara serta banyak sekali benda - benda bersejarah lainnya dalam perjalanan Pos Indonesia. Kemudian pada tanggal 19 juni 1995 nama dan status perusahaan berubah kembali dari yang awalnya Perum Pos Dan Giro menjadi PT Pos Indonesia, sebab hal itu nama museum ini juga berkembang menjadi Museum Pos Indonesia.

Museum Pos Indonesia ini terletak di jalan Cilaki No 73 Bandung, 40115. Lokasi museum ini juga berdekatan dengan Gedung Sate, Museum Geologi, Monumen Perjuangan. Untuk sanggup masuk kesini terdapat dua buah cara adalah sanggup pribadi melalui jalan Cilaki yang kemudian memasuki koridor gedung kantor sentra PT Pos Indonesia atau sanggup melewati jalan Cisanggarung melalui Taman Kantor Pusat PT Pos Indonesia.

Waktu buka Museum Pos Indonesia : 09.00 hingga dengan 16.00 (setiap hari kecuali hari besar )

Untuk Anda yang ingin menuju daerah ini dengan memakai angkot sanggup menentukan dari banyak sekali jurusan ibarat berikut :
  1. angkot jurusan Riung Bandung  - Dago
  2. angkot jurusan Cicaheum - Ciroyom 
  3. angkot jurusan Ciroyom - Cikudapateuh
  4. angkot jurusan Cicaheum - Ciwastra
Koleksi yang dipamerkan di Museum ini sebagai berikut :
  1. Foto foto, dokumen dokumen, piagam serta warkat - warkat yang berkaitan dengan Pos Indonesia beserta perkembangan yang dihimpun dalam Ruang Sejarah
  2. Prangko - prangko, Souvenir sheet, Sampul hari pertama, Katalog prangko, Perlengkapan filateli dan benda filateli lainnya yang dihimpun dalam Ruang Filateli
  3. Maket kantor pos, Bis  surat, Cap tanggal, Pakaian seragam, Timbangan surat, Kantong pos dan peralatan lainnya yang dipergunakan dalam proses pengiriman pos yang dihimpun dalam Ruang Peralatan
Sumber isu : 8m.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Museum Pos Indonesia - Jl. Cisanggarung Bandung"

Posting Komentar