Tempat Wisata Di Yogyakarta - Candi Kedulan

Tempat Wisata di Yogyakarta - Candi Kedulan - yogyakarta yakni Candi.  Candi Kedulan merupakan sebuah candi Hindu yang terletak tidak jauh dari Candi Sambisari, tepatnya di Dusun Kedulan, Kel. Tirtomartani, Kec. Kalasan, Yogyakarta, Pulau Jawa, Indonesia. Candi Kedulan pertama kali dibangun sekitar periode ke-8 dan ke-9 pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

Kurang lebih Seperti Candi Sambisari, Candi Kedulan pertama kali ditemukan berada di tiga sampai tujuh meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan alasannya tertimbun lahar dari letusan gunung Merapi yang di perkirakan meletus secara besar-besaran pada periode ke-11 sekitar tahun 1006.

Karena jenis tanah yang ada di sekitar Candi Kedulan terdiri dari 13 lapisan yang berbeda unsur, sangat berkemungkinan besar bila candi ini tertimbun lahar dari letusan gunung merapi secara berkali-kali diperkirakan sekitar 13 kali.
 Masih tidak jauh dari tempat wisata bersejarah yang ada di  Tempat Wisata di Yogyakarta - Candi Kedulan
Candi Kedulan
Foto Oleh : borobudur.tv

Arsitektur dari Candi Kedulan terlihat menyerupai mirip Candi Sambisari dan Candi Ijo. Candi ini mempunyai hiasan berupa relief dari verbal kala atau raksasa dengan taring bawah, saat pertama kali ditemukan berada di tengah sawah pada tahun 1993 oleh para penambang pasir yang mencari pasir untuk materi bangunan.

Pada tahun 2003 di lokasi penambangan tersebut ditemukan dua buah prasasti yang ditulis dengan karakter Pallawa dan bahasa Sanskerta yang kurang lebih tertuliskan perihal pembebasan pajak tanah di Desa Pananggaran dan Parhyangan untuk keperluan pembuatan bendungan dan irigasi dan juga untuk mendirikan bangunan suci yang berjulukan Tiwaharyyan pada jaman Kerajaan Mataram Kuno dahulu kala.

Hotel Murah di Jogja

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Di Yogyakarta - Candi Kedulan"

Posting Komentar